Panduan Penggunaan Aplikasi USBN

 

Operator Proktor Madrasah

Aplikasi USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional Berbasis Komputer) adalah sistem pelaksanaan Ujian Akhir bagi Madrasah dengan menggunakan media komputer, yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.


Pada tulisan ini akan dijelaskan tahapan penggunaan aplikasi USBN proktor madrasah, mulai dari installasi aplikasi dan penggunaan aplikasi.

Untuk memaksimalkan dalam penggunaan aplikasi USBN, spesifikasi hardware server proktor disarankan menggunakan spesifikasi min. Prosesor core I5, Memory RAM 8GB, Hardisk 500GB, Koneksi jaringan internet/LAN dan dipastikan sudah terhubung/koneksi dengan jaringan untuk dapat mengakses Aplikasi online, sedangkan untuk aplikasi offline cukup terhubung dengan jaringan local, Kecuali saat proses sinkronisasi harus terhubung dengan internet.

1. Installasi Aplikasi

1.1. Tahapan Persiapan Installasi

Sebelum installasi aplikasi, tahapan yang pertama dilakukan adalah dengan mematikan firewall dan antivirus pada computer server ujian.

1.2. Tahapan Installasi Aplikasi

Langkah selanjutnya yaitu installasi oracle VM virtualbox sebagai tempat untuk menjalankan VHD UAMBN-BK, berikut tahapan-tahapan dibawah ini.

  • langkah ke 1, langkah pertama yaitu installasi aplikasi oracle VM virtualbox
  • Langkah ke 2, Setelah tahapan installasi virtualbox telah selesai, selanjutnya menjalankan aplikasi VHD uambnbk
  • Jika user telah melakukan tahapan setting untuk pertama kali membuka aplikasi USBN, tahapan selanjutnya yaitu menjalankan aplikasi USBN, silahkan klik kanan pada file USBN kemudian klik “Star” maka akan muncul klik “Normal Star”
  • Berikut adalah tampilan IP untuk masuk ke aplikasi USBN sebagai server proktor, kemudian untuk computer operator guru dan siswa silahkan masukan IP tersebut

Klik di sini untuk mendownload file panduan USBN Madrasah 2019 untuk Proktor Madrasah

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *